Tips Menemukan Kedamaian di masa sulit

Bagaimana menemukan kedamaian hati di saat kita merasa hidup kita diambang kehancuran, terjerambab dalam banyak masalah? Hidup memang tak selalu mudah walaupun juga tak selalu sulit, dengan masalah maka hidup kita akan terasa lebih hidup dan juga kita bisa lebih berkembang. Akan tetapi, masalah yang datang silih berganti terkadang membuat kita sangat lelah dan merasa terpuruk.
Dalam keadaan lelah dan terpuruk seperti demikian, kita akan mencari-cari jalan bagaimana mendapatkan kedamaian hati agar bisa bangkit kembali dari keterpurukan. Selain lebih mendekatkan diri kepada ALLAH SWT saya akan meberikan beberapa tips dari ilmu yang saya dapat dari pengalaman hidup saya:
Belajar mempercayai diri sendiri
Setelah kegagalan yang kita alami, memang akan sedikit sulit mempercayai diri sendiri. Di saat seperti ini, cobalah kita tenangkan diri kita, tarik nafas dalam-dalam dan buat diri kita setenag mungkin. Jika Anda seorang muslim, ambil wudlu dan sholat ceritakan masalah Anda kepada sang khalik, dengan pikiran sedikit tenang kita bisa melakukan step di atas.
Dalam keadaan tenang dan rilex ini, mari kita coba yakinkan diri kita bahwa kita memiliki kemampuan untuk bangkit dan melewati masa-masa sulit ini. Yakini, bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dan kita bisa melewatinya. Buat keyakinan ini sehingga intuisi kita selalu mengatakan “Ya, aku bisa!”
Rasa sakit karena kegagalan akan sembuh dan kita bertumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat.
Ada quote favorite saat saya mempelajari ilmu pengembangan diri “Even in the sunshine someone has to cry sometimes
Fokus dengan apa yang kita pelajari
Does a mistake is humanly, percayalah! Adalah hal yang manusiawi melakukan kesalahan itu. Jangan fokus dengan kesalahan yang kita buat akan tetapi fokus dengan apa yang sudah kita pelajari dari kesalahan atau kegagalan kali ini.
Sedikit mudahkanlah harapan kita
Kita tidak pernah sadar, terkadang kita merasa tertekan dengan kegagalan dari pencapaian kita oleh karena kita merasa berkewajiban untuk mendapatkan persis dengan yang kita ekspektasikan atau harapkan. Hidup itu tidak ada di bawah tanggung jawab untuk mendapatkan sesuatu yang persis seperti yang kita harapkan.
Saya memiliki impian, harapan membeli mobil ford tapi apalah daya saat kemampuan saya hanya membeli Avanza, paling tidak impian saya membeli mobil saya sendiri tercapai meski pun bukan lagi Ford.
Jangan sampai kita mengabaikan sebongkah perak di depan mata hanya karena kita mengharapkan intan dan emas berlian.
Terbuka kepada orang yang kita percaya
Tak adakah paling tidak satu orang saja yang kita percaya? Cobalah terbuka ke seseorang yang kita percaya untuk bertukar pikiran, bukan untuk memberikan naseha akan tetapi mendengarkan segala keluh kesah. Katakan jika Anda tidak ingin nasehat dan hanya butuh telingah untuk mendengar, paling tidak hal ini membuat kita tidak merasa sendirian karena ada seseorang yang mengerti keadaan kita tanpa menyalahkan.
Harapan sebagai driver kita untuk positive action
Saya ingat sekali saat dulu masih dalam tahap pencarian jati diri, banyak membaca buku pengembangan diri dan ada beberapa quote yang saya suka diantaranya “You can only see the stars if only the sky dark enough“, “Little hope is better than no hope” kedua quote ini berbicara tentang harapan semuanya.
Sedikit apapun harapan yang ada di depan mata, jadikan itu bahan bakar untuk memacu diri kita bergerak dan bergerak untuk memperbaiki keadaan.
Maju terus, jangan lari
Maju terus, kemana? Maju dan bergeraklah ke sesuatu yang membuat harapan kita itu tetap hidup. Terus lakukan hal-hal yang memungkinkan kita menggapai apa yang kita inginkan, bukan menjauhi apa yang sudah membuat gagal. Karena dengan melakukan usaha yang terus menerus untuk mendekatkan kita dengan impian sudah secara otomatis menggantikan hal-hal negative penyebab kegagalan tersebut.
Miliki self motivated atau motivasi diri untuk melakukan ini.
Take a few step back
Saya tidak tahu bagaimana arti tepatnya dalam bahasa Indonesia take a few step back, hal ini kerap dilontarkan boss saya dulu saat saya sedang ada pada posisi down dan sepertinya tidak sanggup mengerjakan apa yang dia minta. Menjadi seorang personal assistant membuat saya harus bisa represent boss dalam hal apapun dan yang paling sulit adalah menghadapi atau memberikan teguran kepada para manager, apalagi saya orang baru.
Di point ini kita diharuskan, mengambil beberapa langkah ke depan dan mencoba memposisikan diri kita adalah teman bukan diri kita sendiri. Bagaimana kita ingin ditegur, bagaimana kita ingin dinasehati? nasehat macam apa yang bisa masuk ke dalam diri kita? Yup! Dari sini kita menjadi faham dan coba nasehati diri sendiri.
Kita bukan satu-satunya orang yang mendapatkan masalah, jadi ini kesempatan untuk memberikan nasehat terhebat untuk diri Anda sendiri!
Beri waktu pada diri kita sendiri
Mengobati luka hati oleh karena kegagalan atau kehilangan dalam berbagi bentuk itu butuh proses, berikan waktu yang cukup untuk diri kita sendiri untuk proses healing ini. Jangan terburu-buru tidak bisa jika kita masih belum lama memberikan kesempatan pada diri kita, pun jangan terlalu lama memberikan waktu untuk terlena akan tetapi waktu yang cukup. Berika hal-hal logis pada diri Anda agar tak selalu dihantui rasa sakit.
Move on itu butuh waktu. Beri waktu untuk diri kita sendiri agar bisa lebih bersyukur dengan apa yang sudah kita lakukan, pencapaian yang sudah kita dapat. Ternyata kita tidak selemah yang kita pikirkan, kita kuat lebih dari yang kita pikirkan.
Setiap akhir adalah sebuah awal
Pernah dengar quote ini “there is always a beginning in every ending” saya sangat faham arti quote ini saat saya menamatkan buku karya Mitch Albom yang berjudul The Five People You Meet in Heaven.
Dalam ilustrasi cerita fiksi yang yang terinspirasi dari kisah nyata sang paman setelah koma itu, Mitch Albom ingin menyampaikan bahwasannya apapun yang kita kerjakan itu tidak ada yang percuma dan juga setiap dari akhir sebuah cerita mebukakan pintu untuk kita untuk memulai hal atau cerita baru.
Semoga tips menemukan kedamaian hati ini bisa berguna untuk sahabat semua.